Sabtu, 14 Februari 2009

Sujud Sutrisno pengamen jalanan


Pernah aku melihat musik di taman ria
Iramanya melayu duhai sedap sekali2x
Sulingnya dari bambu, gendangnya kulit lembu
Dangdut suara gendang ingin serta berlenggang2x
Terajana...terajana...

Judul lagu dangdut ini sekarang dijadikan satu mata acara TV "dut" kita dengan lagu pembukaannya ya TeraJana itu tadi. Bait lagu tadi oleh penyanyi dangdut cewek kita yang pakaiannya yang menutup tubuh adalah sepatu lars panjang dan menggunakan selendang bulu, maka refrain Terajana agak disengau-dan celat-kan menjadi Telazhauna...telazhauna.

Lagu karangan Oma Irama sebelum dia jadi beneran seperti Oma-Oma yang crigis" seperti sekarang saya dengar pertama kali di Yogya sekitar 1974 oleh "satria berkendang" dia adalah Sujud Sutrisno di Nyutran-Yogyakarta. Saya masih ingat dia menyanyi dengan suaranya yang serak karena terlalu banyak tarik urat. Kadang matanya merem melek, yang seringkali mengingatkan saya akan penyanyi tuna-netra.

Itulah guru dangdut saya secara sekelebatan. Lagu pertama Terajana yang langsung terekam dalam ingatan saya, menyusul lagu kedua yang ia nyanyikan adalah lagu Yoan Tanamal : Hatiku Sepi Ditinggal Pergi dst... Sebelum akhirnya Yoan mencari keramaian dengan jarum suntik.

Usai dengan kedua lagunya, biasanya ia memutar radio transistor sebagai bonus lagu (atau malahan siaran pedesaan klompencapir) sebelum ia pamit setelah menerima saweran ala kadarnya. Ia konon tidak pernah mematok besar sawerannya. Tak dibayarpun tak mengapa. Kemana Sujud pergi, anak-anak di Nyutran mengikuti kemana langkahnya sampai ia menghilang dibalik gang yang lain.

Hari itu juga langsung hati saya tertambat dengan kejenakaannya memlesetkan lagu. Anak dari Wirosuwito, memang menuruni bakat seni dari sang ayah yang ahli cokekan. Kendati sudah pernah muncul dipanggung skala nasional, dipanggil mbarang di hotel mewah, namun sujud tetap tidak bermaksud meninggalkan pekerjaannya sebagai pengamen solo keluar masuk kampung mendatangi pelanggannya.

Jam kerjanya 09:00 sampai 14:00 maklum dia juga sudah beranjak tua, dan tinggal sendirian di rumah petak 2x7 meter. Isterinya meninggalkannya setahun lalu.

Tak berlebihan jika pengamen kelahiran 22 September 1953 dan tercatat sebagai penduduk Notoyudan GT II/1175 dianggap pengamen legendaris walaupun secara financial dia tidak kaya (miskin malah), tapi dia berbahagia dengan profesinya.

Sepertinya Sujud mengingatkan saya yang seringkali mengapa harus menganggap profesi orang lain lebih baik daripada profesi yang saya geluti. Ah Sujud Sutrisno bin Wirosuwito, anda layak jadi guru Spiritual saya hanya dengan 5 menit menyaksikan anda menyanyi. Ruarrr Biasa.

(sumber http://mimbar2006.blogspot.com)

1 komentar:

  1. hahaha.

    iki lagune cah cilik
    Om Sujud teko malah do ndelik
    Tiwas menyanyi, ora no dit cilik

    neng ayuk neng

    BalasHapus